Pada saat berdenyut, setiap ruang jantung mengendur dan terisi darah (disebut diastol), selanjutnya jantung berkontraksi dan memompa darah keluar dari jantung (disebut sistol). Kedua atrium mengendur dan berkontraksi secara bersamaan, dan kedua ventrikel juga mengendur dan berkontraksi secara bersamaan.  Berkaitan dengan menguncup dan mengembangnya jantung , dikenal 2 macam tekanan darah yaitu:

a. Sistole adalah peristiwa menguncupnya bilik dan darah keluar dari jantung (jantung kontraksi). Pada orang normal tekanan nya sekitar 120 mm Hg.

b. Diastole adalah peristiwa mengembangnya bilik jantung dan darah masuk ke jantung (jantung relaksasi), pada orang normal tekanannya sekitar 80 mm Hg.

Arah yang kehabisan oksigen dan mengandung banyak karbondioksida dari seluruh tubuh mengalir melalui 2 vena berbesar (vena kava) yang menuju ke dalam atrium kanan. Setelah atrium kanan terisi darah, dia akan mendorong darah ke dalam ventrikel kanan.

Darah dari ventrikel kanan akan dipompa melalui katup pulmoner ke dalam arteri pulmonalis, menuju ke paru-paru.Darah akan mengalir melalui pembuluh yang sangat kecil (kapiler) yang mengelilingi kantong udara di paru-paru, menyerap oksigen dan melepaskan karbondioksida yang selanjutnya dihembuskan.

Darah yang kaya akan oksigen mengalir di dalam vena pulmonalis menuju ke atrium kiri. Peredaran darah diantara bagian kanan jantung, paru-paru dan atrium kiri disebut sirkulasi pulmoner.

Darah dalam atrium kiri akan didorong ke dalam ventrikel kiri, yang selanjutnya akan memompa darah yang kaya akan oksigen ini melewati katup aorta masuk ke dalam aorta (arteri terbesar dalam tubuh). Darah kaya oksigen ini disediakan untuk seluruh tubuh, kecuali paru-paru.

Dalam tekanan normal, jantung akan bekerja optimal. Namun jika tekanannya tinggi, otot jantung akan bekerja keras dan terforsir. Dalam jangka lama akan menimbulkan otot jantung yang membesar. Efeknya jantung pun juga akan kelihatan membesar atau biasa disebut KARDIOMEGALI.Orang awam menamainya sebagai JANTUNG BENGKAK.

JANTUNG BENGKAK ini juga akan menimbulkan masalah dan bisa berujung dengan GAGAL JANTUNG. Sumbernya berawal dari hipertensi yang tak diperhatikan karena kebanyakan penderita hipertensi hanya fokus pada keluhan pusingnya, bukan pada angka tekanan darahnya. Akhirnya kalau nggak pusing dirasa aman, walau angka tensinya 200/120. Dan baru risau kalau ada pusing.

Konsumsi minyak esensial alami semisal minyak Zaitun, VCO, Nigella sativa oil, propolis dll akan sangat membantu menjaga kondisi tekanan darah. Sehingga jantung dapat bekerja dan berumur lebih lama. Jangan biarkan jantung anda gagal bekerja alias GAGAL JANTUNG. Kalau onderdil mobil bisa diganti, namun jantung hanya ada satu untuk seumur hidup. SAYANGI JANTUNG ANDA.


Cegah segera penyempitan pembuluh darah koroner, hipertensi, jantung bengkak dll
agar tidak menjadi SERANGAN JANTUNG yang dapat merenggut nyawa setiap saat.

Untuk pemesanan, informasi harga dan info lainnya, hubungi Customer Service kami di nomor :

0812 2171 7224