Penderita jantung wajib cermat memilih makanan. Para ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat untuk meringankan kerja jantung. Penderita jantung biasanya perlu menjalani diet khusus agar makanan yang dikonsumsi tidak memberatkan kerja jantung.

Biasanya ahli gizi menyarankan untuk makan lebih banyak ikan-ikanan karena merupakan sumber protein dan kaya akan asam lemak omega 3 yang baik untuk jantung, karena sangat berperan mengurangi risiko terkena serangan jantung dan stroke. Jadi, makanan apa saja yang harus dihindari penderita penyakit jantung?

1. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji atau fastfood harus ada di blacklist Anda sebagai makanan yang harus dihindari penderita penyakit jantung. Dokter Regina Druz ahli kardiologi dari Universitas Hofstra, mengatakan konsumsi relatif tinggi lemak jenuh yang berasal dari hewan dan karbohidrat berdampak buruk bagi kesehatan jantung. Memasak makanan kita sendiri adalah salah satu upaya untuk mengurangi kombinasi lemak jenuh dan karbohidrat.

2. Daging olahan

Daging hasil olahan seperti patty, sosis dan bacon biasanya mengandung lemak jenuh tinggi. Jadi daging olahan masuk ke dalam makanan yang harus dihindari penderita penyakit jantung.

Apabila nda memilih jenis yang mengandung lemak jenuh kadar rendah, harus diwaspadai kandungan garam yang tinggi. Sebagai contoh, 6 potong daging olahan saja bisa mengandung setengah kebutuhan garam harian Anda, menurut asosiasi kesehatan jantung di Amerika.

Menurut Laxmi Metha, Ketua Program Kesehatan Jantung Wanita dari Pusat Medis Universitas Negeri Ohio, orang-orang harus membatasi asupan garam karena sodium berhubungan dengan tekanan darah tinggi.

3. Makanan yang digoreng

Hasil studi telah menunjukkan, makanan yang digoreng seperti kentang goreng dan sebagainya meningkatkan risiko penyakit jantung. Cara mengolah masakan seperti digoreng dapat memunculkan lemak trans, yang meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan tingkat kolesterol baik dalam tubuh.

4. Permen

Konsumsi gula yang sangat tinggi berkontribusi memunculkan obesitas, peradangan, kolesterol tinggi, diabetes, yang semuanya merupakan faktor pemicu penyakit jantung.

5. Margarin

Konsumsi makanan yang mengandung lemak trans tinggi seperti pada margarin kemungkinan besar meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung. Agar lebih aman, sebaiknya memilih margarin yang tidak mengandung minyak terhidrogenasi parsial, atau tetap dengan minyak zaitun sebagai gantinya.

6. Pizza

Pizza merupakan urutan kedua dalam daftar makanan ‘gurih’ versi Asosiasi Kesehatan Jantung Amerika. Karena makanan ini mengandung sodium dan lemak jenuh, bahkan di topping-nya (bila itu daging). Sebaiknya pilih topping sayuran sebagai gantinya.

7. Soda

Dari hasil sejumlah penelitian menunjukkan, mereka yang mengonsumsi soda cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori daripada mereka yang tidak minum soda. Selain daripada itu, bahan kimia dalam minuman soda sebenarnya dapat mengubah bakteri pencernaan dan membuat orang lebih rentan mengalami kenaikan berat badan. Obesitas juga merupakan salah satu faktor munculnya risiko penyakit jantung.


Cegah segera penyempitan pembuluh darah koroner, hipertensi, jantung bengkak dll
agar tidak menjadi SERANGAN JANTUNG yang dapat merenggut nyawa setiap saat.

Untuk pemesanan, informasi harga dan info lainnya, hubungi Customer Service kami di nomor :

0812 2171 7224