Siklus aliran darah jantung bermula di bagian kanan jantung. Pembuluh darah vena (vena kava inferior) menyalurkan semula aliran darah yang rendah kandungan oksigen ke dalam ruang atrium kanan. Aliran darah tadi akan mengalir dari atrium kanan ke dalam ventrikel kanan di mana darah akan dipompa ke dalam sistem pembuluh darah paru-paru melalui arteri pulmonari di mana ia akan menyerap oksigen dan melepaskan karbon dioksida.

Darah yang tinggi kandungan oksigen ini akan memasuki jantung, dimana darah akan mengalir ke dalam atrium kiri melalui dua pasang vena pulmonari setiap pasang dari paru-paru kanan dan kiri. Dari atrium kiri, darah tadi akan memasuki ventrikel kiri dan dipompa keluar ke dalam aorta untuk penyaluran kesetiap bagian tubuh manusia.

Otot jantung (miokardium) sendiri menerima sebagian dari sejumlah volume darah yang mengalir melalui atrium dan ventrikel. Suatu sistem arteri dan vena (sirkulasi koroner) menyediakan darah yang kaya akan oksigen untuk miokardium dan kemudian mengembalikan darah yang tidak mengandung oksigen ke dalam atrium kanan.

Arteri koroner kanan dan arteri koroner kiri merupakan cabang dari aorta, vena kardiak mengalirkan darah ke dalam sinus koroner, yang akan mengembalikan darah ke dalam atrium kanan. Sebagian besar darah mengalir ke dalam sirkulasi koroner pada saat jantung sedang mengendur diantara denyutnya (selama diastol ventrikuler).

Sistem peredaran ini dibedakan menjadi:

A. Sistem peredaran darah kecil (sistem peredaran paru-paru)

Merupakan sistem peredaran yang membawa darah dari jantung ke paru-paru kembali lagi ke jantung. Pada peristiwa ini terjadi difusi gas di paru-paru, yang mengubah darah yang banyak mengandung CO2 dari jantung menjadi O2 setelah keluar dari paru-paru.

Mekanisme aliran darah sebagai berikut:

Ventrikel kanan jantung → Arteri pulmonalis → paru-paru → vena pulmonalis → atrium kiri jantung

B. Sistem peredaran darah besar (peredaran darah sistemik)

Merupakan sistem peredaran darah yang membawa darah yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Darah yang keluar dari jantung banyak mengandung oksigen.

Mekanisme aliran darah sebagai berikut:

Ventrikel kiri → aorta → arteri superior dan inferior → sel / jaringan tubuh → vena cava inferior dan superior → atrium kanan jantung

C. Sistem peredaran portal

Merupakan sistem peredaran darah yang menuju ke alat-alat pencernaan menuju ke hati, sebelum kembali ke jantung.

Darah dari lambung, usus, pankreas dan limpa dikumpulkan oleh vena porta (pembuluh gerbang) didalam hati. Vena ini bercabang membentuk kapiler-kapiler yang bersatu dengan kapiler-kapiler arteri hepatika. Kemudian darah dibawa menjelajahi organ hati dan dikumpulkan oleh vena hepatika. Vena ini mengantarkan darah ke vena kava inferior dan masuk ke jantung.

Semua sistem sirkulasi di atas bisa berjalan baik jika jantung kondisinya baik. Padahal jantung bekerja siang malam tanpa henti. Tentu saja butuh asupan nutrisi yang cukup agar dapat bekerja optimal. Konsumsi minyak esensial alami semisal minyak zaitun, VCO, Nigella sativa oil, propolis dll sangat membantu kesehatan jantung.


Cegah segera penyempitan pembuluh darah koroner, hipertensi, jantung bengkak dll
agar tidak menjadi SERANGAN JANTUNG yang dapat merenggut nyawa setiap saat.

Untuk pemesanan, informasi harga dan info lainnya, hubungi Customer Service kami di nomor :

0812 2171 7224